Ruang Tengah, Serasa di Rumah Sendiri


Belakangan lagi suka banget sama salah satu cafe baru yang ada di area Sarinah Thamrin Jakarta. Namanya, Ruang Tengah. Secara konsep menarik, tempatnya tenang, seperti di ruang tengah rumah, dengan desain minimalis. Setiap kali kulineran disini, konsumen mendapatkan minuman pembuka, mineral water with cucumber aka air putih dingin segar dengan campuran irisan timun.

Dari menu, saya suka beberapa masakan yang disajikan di Ruang Tengah ini. Sebut saja nasi goreng ijo, mie goreng dan nasi gurih cabai ijo. Rasanya cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan dan disajikan hangat dengan tampilan yang menggugah selera makan. 

Kita ke nasi goreng ijo, yaitu nasi goreng hijau diolah dengan ayam dan sayur, yang disajikan dengan telur dadar, emping, acar dan taburan bawang goreng diatasnya. Hmmm nasi goreng ini disajikan  menggugah selera. Nasinya empuk, tidak pera seperti nasi goreng kebanyakan, tapi juga tidak lembek. Nasinya harum, gurih dan olahan bumbu bersama sayur dan potongan ayamnya pun pas di lidah, ngga terlalu asin dan ngga manis juga. Keunggulannya itu tadi, harum dan empuk. 

Selain nasi goreng ijo, kamu wajib juga mencoba mie goreng. Bentuk mie yang disajikan agak gendut, teksturnya kenyal, dan rasanya sedikit manis. Mie goreng diolah dengan udang goreng, bakso ikan dan telur orak-arik, serta berteman kerupuk udang dan acar. Rasanya juara, apalagi buat kamu yang terbiasa dengan mie yang sedikit manis. Ini pas banget di lidah.

 

 Masih bernuansa ijo, pilih juga nasi gurih cabai ijo. Pada dasarnya sama seperti olahan nasi goreng, tapi nasi gurih ini diolah dengan bumbu cabai hijau, ikan teri, udang, disajikan dengan telur ayam diiris panjang-panjang, kerupuk ikan dan taburan bawang goreng. Asli saya sampai ngiler nulis ini, soalnya kebayang harumnya cabai dan ikan asin, hmmm bikin laper. Buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, ngga perlu khawatir, rasanya tidak terlalu pedas. 

Ada beberapa menu lagi yang sebenarnya sempat saya coba, ada tahu telor jembatan lima pisang goreng menantu dan sosi embok. Tahu telor, makanan khas jawa timur yang menjelma jadi menu kuliner cafe. Aslinya,tahu yang digoreng bersama telor, disajikan dengan tauge, irisan timun, potongan lontong, kacang tanah dan kerupuk, plus disiram bumbu petis kacang. Kalau versi K5 (kaki lima) tahu telor disajikan dengan bentuk ngga cantik dan ada juga yang dipotong-potong. Untuk sajian di Ruang Tengah lebih elegan di mata, rasanya enak, tapi saya lebih suka versi K5. 



Untuk sosis embok, adalah sosis sapi ukuran jumbo dengan mozarella didalamnya. Enak sebagai cemilan berteman mayonaise dan saus sambal saat menikmatinya. Kalau pisang goreng menantu, adalah pisang goreng yang disajikan dengan brown sugar dan keju.


Ruang Tengah cukup enak dijadikan tempat meeting kecil, ngobrol santai dan makan siang. Pesan saya, agak bersabar setelah kamu memesan makanan, karena beberapa menu ada yang disajikan agak lama. Plus, sebaiknya kamu memilih waktu tidak terlalu malam kalau akan ke Ruang Tengah. Soalnya, saya pernah datang sekitar jam 8 malam, beberapa menu sudah tidak komplit lagi.