Gondal...Gandul...Yuks Icipin Nasi Gandul

Happy weekend, mau kulineran kemana hari ini? Gw belum terpikir mau jelajah apa, tapi pagi ini mau cerita soal Nasi Gandul khas Pati. Awalnya, gw kenal makanan ini karena diajak makan siang sama HRD Manager di tempat gw kerja. Mungkin beliau ada misi khusus atau cuma misi traktor aja, ngga apa-apa karena kebetulan gw terbuka untuk urusan ditraktir #eeeaaa

Nasi Gandul ini konon khas Pati, sebuah daerah yang di Jawa Tengah. Gw juga kurang paham kenapa namanya nasi gandul. Menurut Wikipedia, dulunya penjual nasi ini menjajakan dagangannya dengan cara memanggul dengan bambu, jadi namanya Nasi Gandul. Sepintas Nasi Gandul terlihat seperti soto atau sop, tapi setelah gw tanya ke penjualnya, nasi gandul ya namanya memang gandul dan merupakan nasi dengan kuah khas dengan kekentalan antara soto dan sop. Nasi Gandul disajikan selalu di atas daun pisang, terdiri dari nasi putih dengan irisan-irisan tipis daging sapi berwarna cokelat tua, yang disiriam kuah dengan rasa manis gurih, dan pada bagian atas ditaburi bawang goreng. Sebagai pelengkapnya, nasi gandul enak disantap dengan aneka gorengan, misalnya jerohan, sate telur puyuh, perkedel kentang, atau telur dadar. Waaaah jadi kepingin makan lagi. 

Kemarin, gw makan Nasi Gandul di Jalan Sabang Jakarta Pusat. Kalau Anda ke jalan Sabang, lihat saja sekitar toko Duta Suara atau Seven Eleven, nah tempatnya tidak terlalu jauh dari situ. Warungnya memang agak kecil, tapi cukup nyaman untuk menikmati makan siang. Untuk harga, 1 porsi Nasi Gandul dihargai Rp 13.000,- dan jerohan mulai dari Rp 6.000,-. Untuk minuman standar saja, pilih es teh manis atau air putih. Buat yang pengen kulineran nasi ini, monggo dicek dulu penampakannya. Selamat makan.


#NasiGandul #kuliner #kulinernyabastina #kulinerindonesia #IndonesiaKerenBanget