Mengenal Rempah Indonesia di Sere Manis

Mencoba kuliner baru itu seperti menjalani hidup..ibaratnya mencicip rasa baru itu kan ngga gampang,apalagi kalo selama ini terbiasa sama rasa yang itu-itu aja dan sudah nyaman #eeeaaa
Eits,tapi ini bukan soal filosofi kok,cuma soal cobain tempat makan baru hehehe. Awalnya,ini undangan meeting kantor dan ternyata rasanya cocok sama lidah gw.

Nama restonya adalah "Sere Manis" yang ada di kawasan Cikini Jakarta Pusat. Sere Manis sebenarnya ada juga di jalan Sabang,tapi kali ini gw mainnya di tempatnya yang terbaru ya. Posisinya menyatu dengan Hotel Puri Inn, dengan warna dominan orange bata. Datang di jam makan siang setelah libur Lebaran, tentunya jadi moment yang pas,soalnya belum banyak orang yang menyerbu tempat ini. Menurut ownernya, David Tambunan, tempat ini ramai dikunjungi saat makan siang, selain karena melayani kebutuhan pengunjung hotel, Sere Manis memang jadi alternatif buat para pekerja di sekitar cikini dan pengunjung rumah sakit cikini, yang kebetulan gedungnya ada di seberang bangunan Sere Manis.

Melegakan dahaga dari panasnya cuaca, langsung saja gw teguk es teh manis khas Sere Manis. Kenapa khas? Karena es teh manis ini disajikan dengan ice cream sere. Yup, this is the first time gw mencicipi ice cream dengan rasa sere. Cara menikmatinya pun bebas, ice cream bisa langsung diaduk dengan teh atau mau dinikmati dulu sambil lelehannya menyantu sendiri dengan teh. Awalnya, ice cream ini dimaksudkan sebagai alternatif gula untuk memberikan rasa manis. Memang saat dicicip tersendiri, ice cream sere ini terasa manis dengan paduan rasa pedas dari serenya. Begitu ice cream diaduk dalam teh, memang rasa manis itu hilang. Kalau buat gw, begitu ice cream diaduk, ngga perlu menambahkan terlalu banyak gula cair, agak kurang manis, tapi ini supaya rasa serenya ngga tertutup dengan manis gula.

Sajian pembuka datanglah tahu kremes, yaitu tahu goreng dengan taburan kremesan dan disajikan bersama irisan rawit dan sambel kecap. Satu porsi disajikan 4 buah tahu, di atas tempat semacam telenan. Rasanya enak dan kresss pas digigit. Coba tambahin kremesnya, pasti makin endesss. Maklum gw termasuk penyuka tahu.

Masuk ke makanan utama, menu yang disajikan ada 5 menu, salah satunya ikan gohu. Ini juga perdana gw makan ikan gohu, makanan khas dari Maluku Utara. Terbuat dari ikan tuna dengan rasa khas asam pedas. Hati-hati..cabe yang ada diolahan menu ini bisa jadi 'ranjau'... kletus... pedeees. Gw bukan penyuka makanan pedas, tapi gw suka sama rasa ikan gohu ini, apalagi ada taburan kacang tanah diatasnya.

Buat penutupnya dipilihlah singkong keju. Hmmm...perut sudah penuh sesak, tapi tetap harus dipaksakan demi rasa penasaran hehehe. Menurut David, ini menu andalan Sere Manis juga. Singkongnya dijamin empuk loh, soalnya sengaja dipilih singkong madu yang punya rasa manis dan tekstur yang lembut. Rasanya endesss dan pas banget langsung dilahap saat hangat. Gegara singkong keju ini juga, gw jadi tahu soal singkong madu yang ternyata baru bisa ketahuan jenisnya pas diolah. Nah, seringkali singkong yang dikirim supplier buka jenis madu. Apakah Sere Manis 'memaksa'mengolahnya? Tentu tidak dan itulah yang harus diacungi jempol, kualitas sajiannya tetap terjaga.

Selain 4 menu tadi, Sere Manis sebenarnya masih punya menu andalan seperti aneka soto, ada tangkar dan soto betawi, aneka menu ayam dan bebek, plus makanan khas Indonesia lainnya seperti tempe mendoan bakar. Soto betawinya sempet cobain juga (boooow banyak ya gw makannya...sampe geli sendiri ceritanya nii hahaha), enak dan dagingnya empuk. Juga sempet cobain ayam goreng penyet, ayam asam manis dan tumis kacang panjang. Nah, buat tempe mendoannya sayang banget belum sempet cobain. Next-nya deh mampir lagi ke Sere Manis Cikini, siapa yang mau nemenin ? ;)

Sere Manis Cikini
Jl. Raden Saleh no. 39, Jakarta Pusat
021 - 3140078
@seremanisresto
www.seremanis.com

#seremanis #kuliner #icecreamsere #ikangohu #singkongkeju