Lulus....

Minggu ini gw menghadapi beberapa kelulusan. Pertama, lulusnya si kecil Nadine dari TK dan siap masuk ke SD bulan ini. Buat sebagian orang mungkin biasa saja, buat gw kelulusan Nadine artinya tanggung jawab yang makin besar dan harus dihadapi dengan besar juga. Bukan hanya dari segi materi yang harus makin dimantapkan, ini step yang harus jadi perhatian. Akan makin banyak PR, makin bervariasi teman-teman dan pengaruh yang ditemui Nadine. Pernah gw berangan-angan, saat dia SD, gw sudah ready bekerja part time dan total buat Nadine. Nyatanya ? Gw masih harus berdiri di beberapa kaki, kaki sebagai ibu dan perempuan bekerja. Kenapa gw pisahkan arti keduanya ? Kadang sebagai ibu, lingkungan banyak membebankan tanggung jawab perkembangan anak pada sosok ibu. Coba saja lihat kalau ada anak nakal, "ibunya siapa?" Muak kadang mendengarnya ya, apalagi buat sebagian perempuan yang punya tanggung jawab memenuhi kebutuhan material juga, bukan sekedar membantu suami ya, tapi menjadi partner yang seimbang. Belakangan gw melihat ini secara ikhlas saja. Gw berusaha menjadi ibu, sekaligus partner untuk pasangan saya. Sebel,menyesal atau gemas karena ngga sesuai rencana awal di kepala gw ? Aaaaahhh...lelah memikirkannya, mendingan dijalani saja. Gw percaya, semesta dan Tuhan pasti punya jawaban dan rencana baik. Belakangan juga ikhlas membawa hasil positif kok ke gw pribadi. Semoga partner gw juga punya Good plan untuk keluarga ini.



Kedua, lulusnya dua penyiar senior di kantor gw, Rafiq dan Poetri. Terhitung mulai Senin ini, mereka ngga lagi siaran di Pagi-Pagi, wajahnya berganti dengan dua penyiar lain. Dibilang sering elus dada dengan dua penyiar senior ini, yaaaa namanya juga pekerjaan ya...tapi kelulusan Jumat kemarin lumayan membuat mata mbrebes mili alias tersentuh. 9 tahun ternyata pasangan ini bertahan, yang artinya 9 tahun juga gw mengenal mereka dengan suka dukanya hehehe. Sedih terutama kehilangan Mbak Poetri. Biarpun tiap pagi suka ngejekin gw, tapi dia ini orang yang sering gw ajak diskusi soal anak, berbagi cerita tentang Nadine, plus sedikit banyak tentang religi dan online shop juga hahaha. 

Yaaaa itulah lulus yang gw alami Minggu ini..keduanya bawa efek tanggung jawab yang baru dan lebih besar. Keduanya juga bawa konsekuensi adaptasi dengan hal-hal baru. Menantang dan harus dijalani! 

Gw sendiri pengen lulus dari apa ya setelah ini ? ;)

#me