Menjajal Kuliner Vietnam (sebelum beneran ke Vietnam)

Haloooo my blog...kangen juga sama kamu, apalagi di antara drama lantai 8 yang belakangan bikin deg-degan. Mau posting apa hari ini ? Hmmm gimana kalo judulnya "menyesuaikan diri" ? Sedikit terinspirasi dengan drama belakangan ini hehehe...

Cerita menyesuaikan diri saya siii seputar kuliner aja yaaa...
Jadi ceritanya beberapa waktu lalu, saya harus menyelesaikan kerjasama dengan sebuah radio dan mengambil bukti siar. Jadilah saya bertemu dengan teman saya di radio itu dan ala-ala pengen cobain makanan yang ada di Epicentrum. Sebenarnya saya suka sama tempat ini, kecil, intim dan ngga terlalu ramai dengan tenant. Cukup enak untuk kulineran, tapi sayangnya belakangan makin banyak resto atau cafe yang tutup disini. 

Akhirnya saya dan Wiwie memutuskan makan di Do An, resto khas Vietnam. Sepintas mata memandang, sepertinya menunya masuk di perut dan lidah saya. Singkat kata kami masuk dan pesan. Saya cuma pesan cemilan aja, namanya goi cuon alias lumpia Vietnam dan cha gio tom, minumnya tra sua da alias teh tarik ala Vietnam. Porsinya pas buat perut saya, ngga terlalu besar. Soal rasa, yaaaa saya cocok 2 dari 3 menu yang saya pilih sendiri dengan pedenya. Cha gio tom, menurut saya sama dengan udang goreng tepung dalam versi lain. Rasanya ngga terlalu spesial. Yaaa mungkin karena saya bukan Pak Bondang Maknyus yaa hehehe... Teh tariknya juga punya rasa yang bersahabat, dengan tampilan sedikit oranye. Nah rasa yang saya sebut "menyesuaikan diri" adalah goi cuon. Lumpia Vietnam ini disebut juga salad roll, isinya udang, potongan ayam, telur dadar, selada, peterseli, Thai basil, bihun dan mint, yang digulung dalam rice papar berwarna putih. Cemilan ini disajikan dengan saus kacang manis asam bertabur potongan kacang tanah cincang. Rasanya padat dan begitu menggigitnya...kreess...ada yang aneh di mulut saya. Mungkin ini antara Thai basil dan mint yang beradu, agak ngga nyaman di mulut. Tapi namanya menjajal yang baru, yaaa saya tahan-tahanin aja makan. Untung teman saya lebih banyak makan daripada saya hehehe.


Makanan lainnya yang kami pesan adalah bu bo hue. Ini porsinya kelewat besar untuk saya dan teman saya yang perutnya standar hahaha. Akhirnya kami berbagi makanan ini. Ini sejenis mie kuah dengan isi sayuran dan tauge, plus potongan daging diiris tipis-tipis. Rasanya mirip toge goreng kali yaaa tapi dengan mie putih. Hanya saja rasanya ngga terlalu gurih dan ngga gigit. Kalau saya, belum bisa menyesuaikan diri sama makanan-makanan Vietnam ini. Tapi bukan berarti ngga bisa loh yaa...kan saya punya mimpi juga pengen jalan-jalan ke Vietnam hehehe. Dari harga, resto Do An ini, lumayanlah. Untuk cemilan yang saya pesan harganya berkisar  Rp 30.000,- an, sedangkan minumannya sekitar Rp 20.000,- an. Untuk menu utamanya mulai dari Rp 50.000,- ke atas.

Hmmmm....kira-kira weekend ini saya mau kulineran yang "menyesuaikan diri" atau mau yang biasa aja yaaa....mari makan...makan...makan...

#kuliner #kulinervietnam #DoAn #lumpia #food