Cinta Ini Menguras Energi

Bekerja tiap hari dari pagi hingga larut malam ternyata ngga lebih capek dibandingkan dengan 'ngobrol' sama anak sendiri, bahkan ketika durasi 'ngobrol'-nya cuma 30 menit. 'Ngobrol' disini bukan berarti marah ya, tapi bagaimana kita menyampaikan sesuatu dengan tegas dan pada tempatnya. Seperti pagi ini, saya dan Nadine terlibat di situasi yang agak emosional. Belakangan ini Nadine agak rewel dan sedikit membangkang dari aturan. Sejak sabtu Nadine selalu saja berulah kalau permintaannya tidak dituruti. Sabtu lalu di Inacraft dia merengek hingga menangis di depan umum demi sebuah bantal kucing. Minggunya, Nadine menendang kaki saya di muka umum demi meminta lonceng untuk boneka kucingnya. Soal lonceng ini sebenarnya sudah ditawarkan oleh penjual boneka di Inacraft, tapi Nadine menolak waktu itu. Jadi buat saya masalah lonceng selesai saat sabtu. Kejadian berulang pagi ini, saat mandi pagi tiba-tiba Nadine memukul saya tanpa alasan jelas. Cukuplah sudah, saya 'ngobrol' sama dia tentang semua kejadian belakangan ini dan whuaaaaaa pecahlah tangisnya. Saya biarkan Nadine menyelesaikan mandinya sambil menangis sampai akhirnya dia datang memeluk dan meminta maaf ke saya. Dia bilang,"Nadine sayang mama...hiks...minta maaf...". Luluh hati saya, tapi bukan tanpa wejangan setelahnya. Saya duduk berhadapan dengan Nadine dan saya memberitahukan aturan main seputar rengek-merengek ini. Ujungnya, Nadine memeluk saya lagi.

Masalah ketegasan ke anak memang bukan hal yang mudah seperti memberi penegasan ke crew atau partner kerja. Kalo istilah saya 'Cinta ini menguras energi'. Selain usia, ada soal tega ngga tega kalau saya berhadapan sama Nadine. Masa ya anak sendiri ditegasin segitunya. Tapi kenyataannya ada fase dimana anak ingin menantang orang tuanya. Pernah saya ngobrol sama Mbak Poetri Suhendro soal ini. Menurutnya, usia 2-6 tahun memang menjadi masa anak menantang orang tua. Katanya kalau anak di usia 2-3 tahun anteng alias ngga rewel, maka dia akan berulah di usia 5-6 tahun dan ini berlaku kebalikannya. Yup, 6 tahun itulah usia Nadine sekarang. Nah, ini masalah kekuatan hati. Kalau orang tua mudah luluh dan tidak taat pada aturan yang dibuat, maka anak pun akan terbentuk sebagai pribadi yang menuntut. Bukan berarti harus ada tindak kekerasan pada anak ya, tapi lebih pada membiasakan anak paham aturan main dan tidak semua hal harus seturut kemauan mereka. Kalau saya pribadi, setelah beberapa kali Nadine tidak bisa diajak ngobrol baik-baik, baru deh saya 'ngobrol' (dengan tanda kutip hehehe).

Baiklah...cukup curhat pagi ini yang sedikit membuat saya telat sampai kantor niii hehehehe...
Intinya, menjadi orang tua pun perlu tegas. Mencintai anak bukan berarti termanipulasi oleh cinta,melainkan membekalinya dengan prinsip hidup yang membuatnya bertahan di masa depan. Have a nice day...


#me #nadine #merengek #ngobrol #mendidik #anak