Captain Phillips : Ini Alasan Kenapa 'kamu' Ngga Perlu Melaut

Kapal, laut dan kehidupan melanglang benua … buat saya .. selalu bikin deg-degan, apalagi kalau orang terkasih kita jadi bagian didalamnya..

Dan benar saja, saat saya menonton Film Captain Phillips, jantung saya ngga berhenti berdebar dari awal sampai akhir film. Gimana ngga ? film arahan sutradara Paul Greengrass dengan pemain utama Ton Hanks ini dibuat berdasarkan true story. Kisahnya sangat riil, tentang pembajakan kapal kargo Amerika Maersk Alabama oleh perompak Somalia. Uniknya, film ini mampu membenturkan emosi antara Kapten Phillips yang tak punya pilihan selain melaut yang harus menjadi pemimpin untuk keluarga serta crew kapalnya, juga realitas para perompak Somalia yang sesungguhnya hanya ingin kehidupan lebih baik.

Buat saya, rasa khawatir dan ketengangan sudah terbentuk saat Kapten Phillips berpamitan dengan sang istri, saat harus melaut. Intensitas emosi makin terasa saat kapal yang dikomandani Kapten Phillips diincar perompak, sampai akhirnya para perompak mengambil alih kapal dan menyandera Kapten Phillips di kapal sekoci. Emosi makin diaduk saat militer Amerika Serikat mulai melakukan upaya penyelamatan. Digambarkan militer Amerika bahkan rela melakukan apa saja demi keselamatan warga negara dan di sisi lain digambarkan bagaimana menderitanya para perompak ini sesungguhnya.

Selain Tom Hanks, Film Captain Phillips dibintangi Barkhad Abdi,  aktor berdarah Somalia yang lahir di Amerika Serikat pemeran Muse, kaptennya para perompak. Tidak banyak kalimat yang akan saya katakan tentang film ini, karena terlalu sayang kalau saya ungkap semua. Tonton sendiri dan rasakan betapa berartinya pilihan apapun di hidup kamu ya. Jangan pernah menyerah mau sesulit apapun jalannya. 

#ONAIR@iradiojakarta #INFOJALANJALAN19102013